Posted by: Indonesian Children | August 5, 2009

FAKTA PADA PERKEMBANGAN PERTUMBUHAN FUNGSI KAKI SEBAGAI ALAT GERAK

  • Proses tumbuh kembang anak ini akan terus berubah karena sendi-sendi pada tungkai dan kaki anak masih bisa berputar.  
  • Ketika anak berusia tujuh tahun, rotasi tungkai kaki mulai jauh berkurang. Jika selama kurun waktu itu kaki anak mendapatkan stimulasi yang tak benar, pertumbuhannya pun tak akan benar.  
  • Sepatu yang tidak tepat juga bisa membuat pertumbuhan kaki tidak benar. Banyak orangtua yang memilih sepatu berdasarkan penampilan sepatu yang lucu dan menarik tanpa memperhitungkan fungsi sepatu.  
  • Pemberian sepatu bekas kakak kepada adiknya karena penampilan sepatu itu masih bagus. Padahal, sepatu bekas telah memiliki tapak kaki kakak yang berbeda dengan tapak kaki adik. Tapak kaki yang tidak sesuai ini mengganggu cara berjalan si adik. Ini bisa menjadikan kebiasaan berjalan si adik tidak benar.  
  • Memakai sepatu tidak seperti memakai busana. Memakai sepatu harus yang pas dan sesuai kebutuhan. Sepatu yang tepat dapat membentuk perkembangan tulang dan otot yang baik. Bahkan dapat mencegah timbulnya problem kaki yang dapat memengaruhi seseorang seumur hidup. Kelainan bisa timbul dari kaki, lutut, panggul sampai tulang belakang.  
  • Selama tumbuh kembang, ukuran sepatu anak bisa berubah 34 kali sampai dia berusia 10 tahun. Setidaknya enam bulan sekali ukuran kaki anak berubah. Saat anak mulai belajar berjalan, anak harus memakai alas kaki yang ideal. Alas kaki itu harus dapat mengatur jatuhnya titik berat badan pada posisi yang benar.  
  • Alas kaki yang tepat untuk bayi yang masih merangkak (6-10 bulan) adalah yang lentur dan kuat, terutama pada bagian ujung dan tumit. Sedangkan untuk bayi usia merambat (10-14 bulan), sepatu yang ideal adalah sepatu dengan sisi yang berfungsi sebagai penyeimbang (stabilizer).  
  • Untuk anak yang sudah mulai berjalan, diperlukan sepatu dengan sol yang ringan dan fleksibel. Sebaiknya sol jangan terlalu tebal agar tidak membatasi gerak kakinya saat berjalan  
  • Harus dierhatikan cara duduk anak. Jangan biarkan anak duduk dengan kaki seperti huruf W, yakni lutut ke arah depan tetapi tungkai kaki ke belakang.  
  • Untuk melakukan koreksi terhadap posisi kaki yang tidak benar, diperlukan waktu satu sampai dua tahun. Idealnya koreksi itu dilakukan saat anak masih berusia di bawah lima tahun. Bila anak sudah berusia di atas tujuh tahun, terapinya akan lebih lama karena putaran tulang anak semakin sedikit.  
  • Salah satu risiko jika kaki tidak dikoreksi adalah pertumbuhan yang tidak sama antara kaki kanan dan kaki kiri.  
  • Pada beberapa kasus, karena posisi yang tidak benar, tubuh hanya disangga oleh satu kaki. Akibatnya, kaki yang satu lebih berkembang dibanding kaki yang lain.
  • Meskipun sangat jarang terdapat penderita yang salah satu kakinya lebih panjang beberapa sentimeter dibanding dengan kaki yang lainnya.  

 

Supported by

CHILDREN FOOT CLINIC 

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

 

Copyright © 2009, Children Foot Clinic Information Education Network. All rights reserved.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: